Sunday, November 27, 2016

(At-Tanwir Bab 6 d) TINGKATAN/KEDUDUKAN ANTARA TAJRID DAN ASBAB

| Sunday, November 27, 2016
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


BAB ENAM

الموازنة بين المتجرد والمتسبب
فصل:لعلك تفهم من هذا الكلام أن المتجر والمتسبب في رتبة واحدة، وليس الأمر كذلك ولن يجعل الله من تفرغ لعبادته، وشغل أوقاته بهو كالداخل في الأسباب، ولو كان فيها متقنا. فالمتسبب والمتجرد، إذا استوى مقامهما من حيث المعرفة بالله، فالمتجرد أفضل، وما هو فيه أعلى وأكمل ولذلك قال العارفين:  (مثل المتسبب والمتجرد كعبدين للملك، قال لأحدهما اعمل وكل من كسب يدك. وقال للآخر: الزم أنت حضرتي وخدمتي وأنا أقوم لك بما تريد. فهذا قدره عند السيد أجل، وصنعه به ذلك على العناية به أدل. ثم انه قلما تسلم من المخالفة، أو تصفو لك الطاعات مع الدخول في الأسباب، لاستلزامها لمعاشرة الأضداد ومخالطة أهل الغفلة والعناد. وأشد ما يعينك على الطاعات رؤية المطيعين، وأشد ما يدخل في الذنب رؤية المذنبين، كما قال عليه الصلاة والسلام: (المرء على دين خليله، فلينظر أحدكم من يخالل). قال الشاعر:عن المرء لا تسأل وسل عن قرينه *** فكل قرين بالمقارن يقتدي
فان كان ذا شرف فجانبه سرعة *** وان كان ذا خير فقارنه تهتدي
والنفس  من شأنها التشبه والمحاكاة، والتزين بصفات من قارنها والمضاهاة.فصحبتك للغافلين معونة لها على وجود الغفلة، إذ الغفلة ملائمة لها من أصل الوضع، فكيف إذا انضم إلى ذلكسبب مخالطة الغافلين.
TINGKATAN/KEDUDUKAN ANTARA TAJRID DAN ASBAB

Kita sudah memahami dari uraian diatas, dan mungkin kau berkesipulan bahwa orang yang sibuk beribadah (tajrid), dan orang yang sibuk bekerja memiliki kedudukan yang sama. kesimpulan tersebut tidak benar. Alloh tidak menyamakan orang yang sibuk beribadah dan menghabiskan waktunya bersama Alloh dengan orang yang sibuk bekerja mencari dunia. Apabila keduanya mempunyai tingkatan makrifat yang sama tentu orang yang sibuk beribadah lebih mulia lebih tinggi dan lebih sempurna. seperti perkataan seorang ‘Arif, “Perumpamaan orang yang sibuk bekerja dan sibuk beribadah adalah seperti dua budak satu tuan.  sang tuan berkata kepada salah seorang dari keduanya, ‘Bekerjalah, dan makan dari hasil usahamu.’ Kemudian kepada budak yang satunya ia berkata, ‘Tetaplah bersamaku dan melayaniku. aku akan memberikan kepadamu semua keinginanmu’.  Jadi kedudukan budak yang kedua lebih mulia disisi tuannya. Perhatian si tuan kepadanya menjadi petunjuk yang jelas.
Selain itu, keteguhan iman dan ketaatan seseorang sering goyah ketika seseorang memasuki kesibukan bekerja duniawi. sebab, ia harus bergaul dengan orang yang berbeda pandangan, dan harus berinteraksi dengan orang yang lalai dan membangkang. salah satu hal yang membantumu melakukan ketaatan adalah bergaul dengan orang-orang yang taat. Sebaliknya, yang paling kuat mendorongmu kedalam dosa adalah bergaul dengan kaum yang bermaksiat.
Rosululloh saw. bersabda, “Keadaan agama seseorang itu bergantung pada agama temannya. karena itu, perhatikanlah baik-baik siapa teman kalian”.  Seorang  penyair menuturkan dalam syairnya,  “Jika kau hendak mengetahui seseorang jangan tanya dirinya, tanyakanlah temannya**karena seseorang biasanya mengikuti temannya.Jika ia jahat maka jauhilah segera**jika ia baik maka temanilah dia pasti kau dapat petunjuk.
Jiwa ini cenderung untuk mengikuti, meniru, dan bertingkah seperti orang-orang disekitarnya. karena itu, ketika kau berteman dengan orang yang lalai, pertemananmu itu akan mendorongmu kejurang kelalaian.  sebab pada dasarnya nafsu itu menyukai kelalaian. Dorongan pada kelalaian semakin kuat jika kau bersahabat dengan orang lalai.

وقد تجد من نفسك أيها الأخ وفقك الله، أنه لا يستوي حالة خروجك من منزلك، وعودك إليه، وأنت في حين خروجك تغلب عليك الأنوار، وشرح الصدر والعزم على الطاعة والزهد في الدنيا، فتجدك إذا رجعت لست كذلك، ولا فيما هنالك، وما ذاك إلا لدنس المخالطة وانغماس القلوب في ظلمة الأسباب، ولو كانت الأسباب والمعاصي إذا ذهبت أثرها لم تعوق القلوب من المسير إلى الله تعالى بعد انفصالها ووجود زوالها، وإنما ذلك كالنار، فربما انقضى الإيقاد وبقي السواد. ويحتاج المتسبب إلى شيئين: علم وتقوى، فالعلم يعلم به الحلال والحرام، والتقوى تصده عن ارتكاب الآثام، فأما حاجته إلى العلم: فانه يحتاج إلى الأحكام المتعلقة بالمعاملة، بيعا وسلما وصرفا، وما يتعلق بذلك مع ما يحتاج إليه من أحكام الواجبات والفروض المعينات.
Saudaraku, kadang-kadang kau merasa keadaan jiwamu tidak sama antara ketika pergi dari rumahmu dan pulangmu ke rumah. Saat kau keluar dari rumah jiwmu serasa diliputi cahaya, kelapangan, serta tekat untuk taat dan zuhud terhadap dunia. Namun, ketika kembali kerumah, keadaan jiwamu tak lagi sama. Perubahan itu diakibatkan oleh polusi pergaulan dan tenggelamnya hati dalam kesibukan dunia. Ketika kerja dan laku maksiat selesai, tuntas pula keburukan yang mempengaruhi jiwa. setelah itu kau bisa kembali berjalan menuju Alloh setelah sebelumnya terputus. itu semua seperti api, walaupun nyalanya telah sirna, tapi asap hitamnya akan tetap ada.
Karena itu orang yang disibukan kerja duniawi (asbab) membutuhkan dua hal,  Yaitu ilmu dan ketaqwaan,  maksudnya Ilmu yaitu mengetahui tentang halal dan haram. Sementara ketaqwaan akan mencegahnya dari dosa.  ia membutuhkan ilmu untuk mengetahui hukum seputar muamalah, jual beli, serah terima. dan yang berkaitan dengan hukum-hukum tentang kewjiban lainnya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment