Sunday, November 27, 2016

(At-Tanwir Bab 6 c) KEBAIKAN DAN KEBURUKAN DUNIA

| Sunday, November 27, 2016
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


BAB ENAM


ذم الأشياء ومدحها
فائدة: اعلم أن الأشياء إنما تذم وتمدح بما تؤدي إليه، فالتدبير المذموم: ما شغلك عن الله، وعطلك عن القيام بخدمة الله، وصدك عن معاملة الله.والتدبير المحمود: هو ما ليس كذلك، مما يؤديك إلى القرب من الله تعالى ويوصلك إلى مرضاة الله.  وكذلك الدنيا: ليس تذم بلسان الإطلاق، ولا تمدح كذلك وإنما المذموم منها ما شغلك عن مولاك، ومنعك الاستعداد لأخراك. كما قال بعض العارفين:  (كل ما شغلك عن الله من أهل ومال وولد فهو عليك مشئوم).  والممدوح ما أعانك على طاعته، وأنهضك إلى خدمته.   وبالجملة ما وقع المدح به، فهو ممدوح في نفسه، وما وقع الذم به فهو مذموم في نفسه، وقد جاء عن رسول الله عليه الصلاة والسلام: (الدنيا جيفة قذرة مذرة).   وقال صلى الله عليه وسلم: (الدنيا ملعونة ملعون ما فيها إلا ذكر الله، وما والاه، وعالم أو متعلم).   وقال صلى الله عليه وسلم: (إن الله جعل ما يخرج من ابن آدم مثلا للدنيا).  فهذه الأحاديث تقتضي ذمها، وتنفير العباد عنها، وجاء عنه صلى الله عليه وسلم:   (لا تسبوا الدنيا فنعمت مطية المؤمن، عليها يبلغ الخير، وبها ينجر من الشر).
KEBAIKAN DAN KEBURUKAN DUNIA

Faidah.  Ketahuilah, sesuatu di katakan tercela atau terpuji sesuai dengan akibat yang ditimbulkannya. Pengaturan yang tercela adalah yang membuatmu lupa kepada Alloh, tidak melakukan ibadah kepada-Nya, serta yang menghalangi kamu untuk taat kepada-Nya.  Sementara pengaturan yang terpuji adalah yang bisa mendekatkanmu kepada-Nya dan mengantarkan kamu meraih ridho-Nya.  Begitu juga dunia.
Dunia tidak mutlak tercela dan tidak  mutlak terpuji. Dunia yang tercela adalah yang melalaikan kamu kepada Alloh. dan yang mencegahmu dari mempersiapkan diri menuju akhirat.  Seorang Arif berkata,  “Segala sesuatu yang melalaikanmu dari Alloh, entah itu keluarga, harta, dan anak, adalah tercela. Sementara, yang terpuji adalah yang membuatmu taat kepada-Nya dan mendorongmu giat beribadah”.
Kesimpulannya, Segala sesuatu yang mendatangkan pujian maka ia terpuji dan segala sesuatu yang mendatangkan cela maka ia tercela. Tentang tercelanya dunia, Rosululloh saw. bersabda, “Dunia adalah bangkai yang kotor dan menjijikkan’. Rosululloh juga bersabda, “Dunia ini terkutuk, begitu pula segala sesuatu didalamnya kecuali Dzikrulloh, dan sesuatu yang semisal Dzikir, dan orang ‘Alim(berilmu) atau Mutaalim(orang yang belajar ilmu)”. Rosululloh juga bersabda, “Alloh menjadikan apa yang keluar dari anak adam (kotoran) sebagai perumpamaan dunia”. Hadits –hadits di atas menunjukkan ketercelaan dunia yang membuat para hamba lari menghindarinya.
Disisi lain Rosululloh saw. bersabda, “Janganlah mengecam dunia. Ia adalah tunggangan/kendaraan terbaik orang mukmin. melaluinya ia(mukmin) meraih kebaikan dan dengannya ia selamat dari keburukan”.

فالدنيا التي لعنها رسول الله عليه الصلاة والسلام  هي الدنيا الشاغلة عن الله تعالى. ولذلك استثنى في الحديث فقال: (إلا ذكر الله، وما والاه، وعالم أو متعلم) فبين عليه الصلاة والسلام: أن هذا ليس من الدنيا.وقوله عليه الصلاة والسلام: (لا تسبوا الدنيا) أي التي توصلكم إلى طاعة الله، ولذلك قال صلى الله عليه وسلم: (فنعمت مطية المؤمن). فمدحها من حيث كونها مطية، لا من حيث أنها دار اغترار ووجود أوزار، وإذ علمت هذا فقد فهمت أن إسقاط التدبير ليس هو الخروج عن الأسباب حتى يعود الإنسان ضيعة فيكون كلا على الناس، فيجعل حكمة الله في إثبات الأسباب، وارتباط الوسائط. وقد جاء عن عيسى عليه السلام: أنه مر بمتعبد فقال له: من أين نأكل؟ فقال: أخي يطعمني.فقال أخوك: أعبد منك. أي أخوك وإن كان في سوقه، أعبد منك، لأنه هو الذي أعانك على الطاعة، وفرغك لها.
وكيف يمكن أن ينكر الدخول في الأسباب بعد أن جاء قوله تعالى: {وأحل الله البيع وحرم الربا}. وقوله: وأشهدوا إذا تبايعتم.  وقوله عليه الصلاة والسلام  أحل ما أكل المرء من كسب يمينه، وإن داود نبي الله كان يأكل من كسب يمينه. وقوله عليه الصلاة والسلام: (أفضل الكسب عمل الصانع بيده إذا نصح) وقال صلى الله عليه وسلم: (التاجر الأمين الصدوق المسلم مع الشهداء يوم القيامة).
Kesimpulannya, Dunia yang dilaknat oleh Rosululloh, adalah yang melalaikan dari Alloh swt. karena itu ada pengecualian dalam hadits tersebut, yaitu Dzikir kepada Alloh, dan yang semisal dzikir, orang yang berilmu, dan orang yang belajar.
 Nabi saw. menjelaskan bahwa keempat hal itu bukan bagian dari dunia. Sementara itu, Rosululloh juga bersabda, “Jangan mengecam dunia” yaitu yang membuat kalian taat kepada Alloh,  kemudian Rosululloh bersabda, “Ia adalah kendaraan terbaik Mukmin”. Dengan demikian dunia terpuji karena menjadi kendaraan. keterpujian dunia tidak berhubungan dengan sifatnya sebagai negeri yang melenakan manusia dan tempat dilakukannya dosa.
Ketika kau sudah memahami hal ini kau akan memahami bahwa berhenti mengatur (Tadbir) bukan berarti tidak mau berusaha atau bekerja seingga kau menjadi lemah sehingga menjadi beban orang lain, serta tidak mengetahui hikmah Alloh dibalik penetapan sebab dan sarana.
Di ceritakan Nabi Isa as, pernah menemui seseorang yang terus menerus beribadah. ia bertanya kepada si Abid, “Bagaimana kau makan?, Orang itu menjawab, “Saudaraku datang memberiku makanan”. mendengar jawaban itu Isa as. berkata, “Saudaramu lebih Abid daripada kamu”. Maksudnya, Walaupun setiap hari bekerja dipasar, saudaramu lebih Abid daripada kamu karena ia telah membantumu melakukan ketaatan dan membuatmu bisa beribadah.
Bagaimana mungkin kita mengingkari masuk asbab (bekerja mencari dunia), padahal Alloh sudah berfirman dalam Al-Qur’an, “Alloh telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. Alloh juga berfirman, “Dan persaksikanlah jika kalian melakukan transaksi jual beli”.Nabi saw. bersabda, “Makanan seseorang yang paling halal adalah yang didapat dari penghasilannya sendiri. Sesungguhnya Nabiyulloh Dawud as. makan dari hasil kerjanya sendiri”. Beliau juga bersabda, “Penghasilan terbaik adalah yang didapat dari usahanya sendiri yang dilakukan dengan halal dan benar”. Dalam hadits lain Nbi bersabda, “Pedagang yang amanah, jujur, dan muslim akan bersama dengan para syuhada’ di hari kiamat”.

فكيف يمكن أحد بعد هذا أن يذم الأسباب؟ لكن المذموم منها ما شغلك عن الله، وصدك عن معاملته، ولو تركت هذه الأسباب، وغفلت عن الله وبالتجريد كنت مذموما أيضا. وليست الآفات داخلة على المتسببين فحسب، بل قد تدخل على المتجردين، كما تدخل على المتسببين. {لا عاصم اليوم من أمر الله إلا من رحم}. بل قد يكون دخولها على المتجردين أشد، إذ الآفات الداخلة على المتسببين دخول يفي الدنيا مع عدم الدعوى منهم، ظاهرهم كباطنهم، مع اعترافهم بالتقصير، ومعرفتهم بفضل المتفرغين لطاعة الله عليهم وآفات المتجردين ربما كانت عجبا، أو كبرا أو رياء أو تصنعا، أو تزينا للخلق بطاعة الله استجلابا لما في أيديهم. وقد تكون الآفات اعتمادا، واستنادا إلى الخلق، وأمارة ذلك: ذمه للناس، إذا لم يكرموه، وعتبه عليهم إذا لم يخدموه، فالمنغمس في الأسباب مع الغفلة، أحسن حالا من هذا بكثير، أحسن الله منا النيات وطهر نفوسنا من الآفات بفضله وكرمه.
Bagaimana mungkin setelah dijelaskan kau masih mencela bekerja dan usaha(asbab)?. padahal kerja dan usaha yang tercela adalah yang melalaikan kamu dari Alloh dan menghalangimu untuk taat kepada-Nya. dan apabila kau meninggalkan asbab (kerja/usaha), sedangkan dengan Tajrid (tidak kerja) malah melalaikan kamu dari Alloh, itu juga tercela. Penyakit hati tidak hanya menyerang orang yang sibuk bekerja(asbab) saja, tapijuga bisa menyerang orang yang sibuk beribadah(Tajrid). Alloh berfirman, “Hari ini tidak ada yang melindungimu dari adzab Alloh, kecuali Alloh yang maha pengasih”.  Bahkan penyakit hati orang yang melulu ibadah (tajrid) dampaknya lebih berbahaya. Sebab penyakit yang menyerang orang yang sibuk bekerja adalah kesibukan mencari dunia tanpa mengakui kemuliaan dirinya. keadaan lahiriahnya sama dengan batiniyyahnya. ia mengakui kelemahan dirinya dan mengetahui kemuliaan orang yang selalu taat kepada Alloh.
Sementara penyakit orang yang sibuk beribadah (tajrid), bisa berupa ‘ujub, sombong, riya’, munafiq, dan tampil baik dihadapan makhluk serta melakukan ketaatan demi kepentingan dunianya. Bisa jadi penyakit yang menyerangnya adalah ketergantungan kepada makhluk. Ciri-cirinya, ia mencela manusia ketika mereka tidak memujiny/memuliakannya dan mengecam mereka ketika tidak mau membantunya.
Orang yang lalai karena sibuk bekerja masih jauh lebih baik daripada orang yang sibuk ibadah namun tetap lalai. Semoga Alloh memperbaiki niat kita sekaligus membersihkan jiwa kita dari segala penyakit lewat karunia dan kemurahan-Nya.


Related Posts

No comments:

Post a Comment