Saturday, October 1, 2016

(At-Tanwir Bab 6 a) Pembagian Jenis Pengaturan(Tadbir)

| Saturday, October 1, 2016

Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


BAB ENAM
1. Pembagian Jenis Pengaturan(Tadbir)
2. Manusia Terbagi Menjadi Dua
3.Kebaikan Dan Keburukan Dunia
4. Tingkatan/KedudukanAntara Tajrid Dan Asbab
5. Perkara Yang Penting Bagi Orang Yang Bekerja (Asbab)
6.
7.


أقسام التدبير
تنبيه وإعلام: اعلم أن التدبير على قسمين:  تدبير محمود، وتدبير مذموم.
فالتدبير المذموم: هو كل تدبير ينعطف على نفسك بوجود حظها، لا لله قياما بحقه، كالتدبير في تحصيل معصية، أو في حظ بوجود غفلة، أو طاعة بوجود رياء وسمعة، ونحو ذلك، وهذا كل مذموم لأنه إما أن يوجب عقابا، أو يوجب حجابا. ومن عرف نعمة العقل: استحى من الله أن يصرف عقله إلى تدبير ما لا يوصله إلى قربه، ولا يكون سببا لوجود حبه، والعقل أفضل ما من الله به على عباده، لأنه سبحانه وتعالى، خلق الموجودات وتفل عليها بالإيجاد، وبدوام الإمداد.  فهما نعمتان ما خرج موجود عنهما، ولا بدل لكل مكون منهما نعمة الإيجاد، ونعمة الإمداد، وربما يفهم من ها هنا قوله تعالى: {ورحمتي وسعت كل شيء}.
لكن لما اشتركت الموجودات في إيجاد أمداده، أراد الحق تعالى أن يميز بعضها على بعض، ليظهر سعة تعلقات إرادته، واتساع مشيئته فميز بعض الموجودات بالنمو كالنبات والحيوان البهيمي والآدمي، فظهرت القدرة فيه ظهورا أجلى من ظهورها في الموجودات غير النامية، فلما اشتركت هذه الثلاثة في النمو أفرد الحيوان الآدمي، وغير الآدمي بوجود الحياة فشارك الآدمي في ذلك الحيوان البهيمي، فظهر بقدرته فيه ظهورا أجلى من ظهوره في الناميات، فأراد أن يميز الآدمي عنه فأعطاه العقل وفضله لذلك على الحيوان، وكمل به نعمته على الإنسان، وبالعقل ووفوره وإشراقه ونوره، تتم مصالح الدنيا والآخرة.  فصرف نعمة العقل إلى تدبير الدنيا التي لا قدر لها عند الله، كفر لنعمة العقل.
PEMBAGIAN JENIS PENGATURAN(TADBIR)


Peringatan dan penjelasan
Ketahuilah, Pengaturan itu ada dua macam: yaitu Pengaturan yang terpuji dan Pengaturan yang tercela.
Pengaturan yang tercela adalah, pengaturan yang untuk memenuhi hasrat nafsumu. seperti mengatur untuk bermaksiat, lalai, serta melakukan ketaatan namun disertai riya’ dan sum’ah, dan sebagainya.  Semua pengaturan itu tercela karena bisa mendatangkan siksa atau membuatmu terhijab dari Alloh. orang yang menyadari dan mensyukuri nikmat akal tidak akan mempergunakan akalnya untuk mengatur sesuatu yang yang tidak membuatnya dekat kepada Alloh dan tidak mendatangkan cinta-Nya. ia malu kepada Alloh jika bertingkah seperti itu.  Akal adalah karunia Alloh yang paling agung untuk hamba-Nya.  Alloh swt. telah menciptakan seluruh makhluk dan menganugerahi mereka dengan nikmat penciptaan (ijaad) dan nikmat pemeliharan(imdad)-Nya yang tak pernah putus.
Dua nikmat yang secara umum diberikan kepada semua makhluk, yaitu nikmat penciptaan dan nikmat pemeliharaan. Alloh swt. berfirman, “Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu”.
Sesungguhnya semua makhluk mendapatkan nikmat penciptaan dan pemeliharaan-Nya. hanya saja, Alloh membedakan perolehan mereka agar kehendak-Nya yang maha luas tampak dengan jelas. ada makhluk yang diistitimewakan dengan nikmat pertumbuhan, seperti tumbuhan, hewan dan manusia. sehingga kekuasaan Alloh tampak jelas. beberapa makhluk di beri nikmat yang lainnya. dari ketiga jenis makhluk yang sama-sama mendapatkan nikmat perkembangan, Alloh mengistimewakan hewan dan manusia dengan nikmat hidup. Dari sisi ini, manusia sama dengan hewan, dan kesamaan keduanya semakin mempertegas kekuasaan Alloh. setelah itu Alloh mengistimewakan dan memuliakan manusia dari hewan dengan memberinya akal.  Dengan nikmat akal pula Alloh menyempurnakan nikmat-Nya kepada manusia. akal beserta kemampuan, kecerdasan, dan cahayanya mennunjukkan jalan kemaslahatan/kebaikan manusia didunia dan akhirat.  Dengan demikian sangat tidak layak dan termasuk kufur nikmat jika manusia mempergunakan nikmat akal untuk mengtur dunia yang tidak ada nilainya disisi Alloh.
فصرف نعمة العقل إلى تدبير الدنيا التي لا قدر لها عند الله، كفر لنعمة العقل.  وتوجهه إلى الاهتمام بإصلاح شأنه في معاده قياما بوجود شكر المحسن إليه، والمفيض من نوره عليه أحق به وأحرى وأفضل له وأولى فلا تصرف عقلك الذي من به عليك في تدبير الدنيا التي هي كما أخبر عنها النبي صلى الله عليه وسلم بقوله: (الدنيا جيفة قذرة).    وكما قال صلى الله عليه وسلم للضحاك: ما طعامك؟   قال: اللحم واللبن يا رسول الله، قال: ثم يعود إلى ماذا؟ قال: ما علمت يا رسول الله، قال: فان الله جعل ما يخرج من ابن آدم مثلا للدنيا.    وقال صلى الله عليه وسلم: (لو كانت الدنيا تزن عند الله جناح بعوضة ما سقى كافرا منها شربة ماء).  ومثل من صرف عقله في تدبير الدنيا التي هذه الصفات صفاتها كمثل من أعطاه الملك سيفا عظيما قدره، مفخما أمره، لم يسمح لكثير من رعاياه بمثله، ليقتل به أعداءه، ويتزين بحمله، فعمد آخذ هذا السيف إلى الجيف، فجعل يضربها حتى تفلل ظباه، وكل شباه، وتغير حسنه وسناه، فجدير إذا اطلع الملك على هذه الحالة منه أن يأخذ السيف منه ويعظم عقوبته، على سوء فعاله، وأن يمنعه من وجود إقباله.  فقد تبين من هذا إن التدبير على قسمين: تدبير محمود، وتدبير مذموم.
Semestinya mereka menggunakan nimat akal untuk mempersiapkan diri menghadapi hari kemudian sebagai bentuk syukur kepada Alloh yang telah bermurah hati kepadanya dan yang telah melimpahkan cahaya-Nya. itulah jalan yang utama dan paling mulia.
jadi, jangan pergunakan akalmu unuk mengurusi dunia, karena Nabi saw. bersabda, “Dunia adalah bangkai yang kotor”. Diceritakan bahwa Rosululloh saw. berkata kepada ad-Dhohak, “Apa makananmu?” ia menjawab, “daging dan susu,”  “kemudian menjadi apa?”  “seperti yang anda ketahui wahai Rosululloh.”  “Alloh telah menjdikan apa yang keluar dari anak adam sebagai perumpamaan untuk dunia”.  Rosululloh saw. juga bersabda, “Seandainya nilai dunia seberat sayap nyamuk, tentu Dia tidak akan memberi minum orang kafir meski hanya seteguk”.
Perumpamaan orang yang mempergunakan akalnya untuk mengatur dunia yang hina dan rendah itu adalah seperti orang yang diberi pedang yang sangat indaholeh raja. Pedang itu hanya diberikan kepada orang yang istimewa untuk membunuh musuh atau untuk hiasan istana. namun, ia malah menggunakannya untuk memotong bangkai. akibatnya pedang itu tumpul dan rusak. Ketika sang raja mengetahuinya tentu saja ia murka dan mengambil kembali pedang itu seraya memberinya hukuman yang berat atas perbuatan buruknya. Perumpamaan ini menegaskan adanya dua macam pengaturan, yakni pengaturan yang terpuji dan tercela.
فالتدبير المحمود: هو ما كان تدبيرا بما يقربك من الله، كالتدبير في براءة الذمم من حقوق المخلوقين، إما وفاء، وإما استحلالا، وتصحيح التوبة إلى رب العالمين، والفكرة فيما يؤدى إلى قمع الهوى المردي، والشيطان المغوي، وكل ذلك محمود لا شك فيه، ولأجل ذلك قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (فكرة ساعة خير من عبادة سبعين سنة).

Pengaturan yang terpuji adalah yang mendekatkan kamu kepada Alloh. misalnya, mengatur bagaimana melepaskan diri dari jerat hutang dan tanggungan yang menjadi hak makhluk, baik dengan cara membayar atau meminta halalnya. termasuk pengaturan yang baik adalah membenahi taubatnya kepada Alloh swt. atau mengatur bagaimana menekan hasrat/keinginan yang membahayakan  dan menghindari godaan syeitan yang menjerumuskan. semua itu termasuk dalam pengaturan yang terpuji. dalam bingkai inilah kita memaknai sabda Rosululloh saw. “Tafakkur sesaat lebih baik daripada ibadah tuju puluh tahun”.
selanjutnya, Ketahuilah bahwa mengatur dunia terbagi kedalam dua jenis, yaitu mengatur dunia untuk dunia, dan mengatur dunia untuk akhirat.
والتدبير للدنيا على قسمين: تدبير الدنيا للدنيا، وتدبير الدنيا للآخرة.
فتدبير الدنيا للدنيا: هو أن يدبر في أسباب جمعها افتخارا بها واستكثارا؟ وكلما زيد فيها شيئا ازداد غفلة واغترارا، وأمارة ذلك أن يشغله عن الموافقة ويؤديه إلى المخالفة.
وتدبير الدنيا للآخرة: كمن يدبر المتاجر والمكاسب والغرامة ليأكل منها حلالا، ولينعم بها على ذوي الفاقة أفضالا، وليصون بها وجهه عن الناس إجمالا. وأمارة من طلب الدنيا لله تعالى، عدم الاستكثار والادخار والإسعاف منها، والإيثار.
Pengaturan dunia itu ada dua bagian: Mengatur dunia untuk dunia, dan mengatur dunia untuk akhirat.
Termasuk dalam jenis pertama adalah mengatur cara untuk mengumpulkan dan terus memperbanyak  dunia dengan tujuan untuk membanggakan diri. setiap kali bertambah , semakin ia lalai dan terlena, dan semakin ia melupakan ketaan serta terjerumus dalam lembah maksiat.
Termasuk dalam jenis kedua adalah mengatur perniagaan, usaha, dan pertanian agar bisa mendapatkan makanan yang halal, memberi orang yang membutuhkan, dan untuk menjaga kehormatan diri dihadapan manusia. Orang yang mencari dunia untuk Alloh swt. tidak pernah menginginkan dunia yang berlimpah dan tidak akan menimbun harta, namun selalu menggunakannya untuk menolong dan mendahulukan kepentingan yang lainnya.
وللزاهد في الدنيا علامتان: علامة في فقدها، وعلامة في وجدها، فالعلامة التي في وجدها الإيثار منها، والعلامة التي في فقدها وجود الراحة منها.فالإيثار شكر لنعمة الوجدان، ووجود الراحة منها شكر لنعمة الفقدان، وذلك ثمرة الفهم عن الله والعرفان، لأن الحق تعالى كما قد ينعم عليك بوجودها كذلك قد ينعم بصرفها، بل نعمته في صرفها أتم. قال سفيان الثوري رحمه الله تعالى: (لنعمة الله فيما زوى عن الدنيا، أتم من نعمته علي فيما أعطاني عنها). وقال الشيخ أبو الحسن الشاذلي رحمه: (رأيت الصديق رضي الله عنه في المنام فقال لي: أتدري ما علامة خروج حب الدنيا من القلب؟ قلت: لا ادري. قال علامة خروج حب الدنيا من القلب، بذلها عند الوجود، ووجود الراحة منها عند الفقد. فقد تبين من هذا: أن ليس كل طالب للدنيا مذموما، بل المذموم من طلبها لنفسه لا لربه، ولدنياه لا لآخرته.

Tanda orang zuhud terhadap dunia itu terbagi dua: yaitu, tanda ketika memiliki harta dan tanda ketika tidak memilikinya. Ketika memiliki harta, seorang zahid selalu mendahulukan orang lain. dan ketika tidak memiliki harta, ia selalu bersikap lapang dan narimo.  Orang yang mendahulukan kepentingan orang lain berarti mensyukuri nikmat keberadaan. Dan orang yang merasa lapang ketika tidak punya berarti mensyukuri ketiadaan. Itulah buah pemahaman dan makrifat. sebab anugerah dari Alloh tidak hanya berupa pemberian harta, Alloh tidak memberi pun merupakan salah satu bentuk anugerah-Nya. bahkan, ketika tidak memberi, nikmat-Nya menjadi lebih sempurna. seperti kata Sufyan al-Tsaury rohimahulloh, “Sungguh, nikmat Alloh ketika Dia menjauhkanku dari dunia lebih sempurna daripada nikmat-Nya ketika Dia memberiku(dunia)”. 
Syeikh Abu al-Hasan As-Syadzily ra. berkata, “Aku mimpi bertemu dengan sahabat Abu bakar as-Shidiq ra. ia berkata, ‘Apakah kau tahu tanda keluarnya cinta dunia dari dalam hati?, Tidak,  jawabku. Kemudian ia menjawab, ‘Tandanya adalah mengeluarkannya ketika memiliki (dunia) dan merasa lapang saat tidak memilikinya.”
jadi, tidak semua orang yang mencari dunia itu tercela. Pencari dunia yang tercela adalah yang mencarinya untuk dirinya sendiri,bukan untuk Tuhannya.  serta untuk dunianya, bukan untuk akhiratnya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment