Saturday, October 1, 2016

(At-Tanwir Bab 6 b) MANUSIA TERBAGI MENJADI DUA

| Saturday, October 1, 2016



Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


BAB ENAM
الناس على قسمين
فالناس إذن على قسمين: عبد طلب الدنيا للدنيا، وعبد طلب الدنيا للآخرة. وسمعت شيخنا أبا العباس رحمه الله يقول: (العارف لا دنيا له، لأن دنياه لآخرته، وآخرته لربه). وعلى ذلك تحمل أحوال الصحابة، والسلف الصالحين رضي الله فكل ما دخلوا فيه من أسباب الدنيا، فهم بذلك إلى الله متقربون والى رضاه مسببون لا قاصدون بذلك الدنيا وزينتها، ووجود لذتها وبذلك وصفهم الحق سبحانه وتعالى بقوله:  {محمد رسول الله والذين معه أشداء على الكفار، رحماء بينهم، تراهم ركعا سجدا، يبتغون فضلا من الله ورضوانا، سيماهم في وجوههم من أثر السجود}.  وقال في الآية الأخرى: {في بيوت أذن الله أن ترفع ويذكر فيها اسمه يسبح له فيها بالغدو والآصال رجال لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله، وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة، يخافون يوما تتقلب فيه القلوب والإبصار}. وبقوله تعالى: {رجال صدقوا ما عاهدوا الله عليه فمنهم من قضى نحبه، ومنهم من ينتظر وما بدلوا تبديلا}.ونظائر هذه الآيات،
MANUSIA TERBAGI MENJADI DUA


Dengan demikian manusia terbagi menjadi dua, yaitu hamba yang mencari dunia untuk dunia dan yang mencari dunia untuk akhirat. Aku mendengar Syeikh Abu al-Abbas al-Mursy ra. berkata, “Orang ‘arif adalah yang tidak memiliki dunia. sebab, dunianya untuk akhiratnya. lalu akhiratnya untuk Tuhannya”.  itulah ahwal para Sahabat dan Salafus-sholih. mereka menggeluti dunia semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Alloh swt. dan mencari ridho-Nya. bukan untuk mencari dunia berikut perhiasan dan kenikmatannya.
Alloh swt. berfirman, “Muhammad utusan Alloh. Orang yang bersamanya bersikap keras kepada orang kafir dan mengasihi sesama mereka. kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Alloh dan ridho-Nya. Tanda mereka terdapat pada muka mereka dari bekas sujud”.  dalam ayat lain Alloh swt. berfirman,  “Mereka telah bertasbih kepada Alloh dimasjid-masjid, tempat yang diperintahkankan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya dipagi dan sore hari,  perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka dari mengingat Alloh, mendirikan sholat, dan membayar zakat. Mereka takut akan suatu hari ketika hati dan penglihatan mereka terguncang”.  Firman Alloh lagi,“Diantara kaum yang beriman ada orang yang menepati janji mereka kepada Alloh. Diantara mereka ada yang gugur dan ada pula yang menunggu. Mereka tidak pernah mengubah janjinya”.  Dan masih banyak ayat lain yang mengabarkan keutamaan mereka.

وما ظنك بقوم اختارهم الله لصحبة رسوله صلى الله عليه وسلم، ولمواجهة خطابه في تنزيله، فما أحد من المؤمنين إلى يوم القيامة إلا وللصحابة في عنقه منن لا تحصى، وأياد لا تنسى لأنهم الذين حملوا إلينا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، الحكمة والأحكام، وبينوا الحلال والحرام، وفهموا الخاص والعام، وفتحوا الأقاليم والبلاد، وقهروا أهل الشرك والعناد. وبحق ما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم فيهم: (أصحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم). وقد وصفهم في الآية الأولى بأوصاف إلى أن قال: (يبتغون فضلا من الله ورضوانا).  فقد أخبر سبحانه وهو المطلع على أسرارهم، العالم بهم في سرهم واجهاهم، أنهم ما ابتغوا بما حاولوه الدنيا، ولم يقصدوا بذلك إلا وجه الله الكريم، وفضله العميم، وقد قال سبحانه وتعالى فيهم: {واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي يريدون وجهه}. فقد أخبر سبحانه أنهم لا يريدون سواه ولا يقصدون إلا إياه وقال في الآية الأخرى: {يسبح له فيها بالغدو والآصال رجال لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله}. إشارة إلى انه قد طهر أسرارهم، وكمل أنوارهم، فلذلك لا تأخذ الدنيا قلوبهم، ولا تخدش وجه إيمانهم وكيف تأخذ الدنيا من قلوب ملأها بحبه، وأشرق فيها أنوار قربه، وقد قال سبحانه وتعالى: {إن عبادي ليس لك عليهم سلطان}. فلو كان للدنيا على قلوبهم سلطان لكان الشيطان على قلوبهم أيضا، إذ لا يمكن الشيطان أن يصل إلى قلوب أشرقت فيها أنوار الزهد، وكنست من أوساخ الرغبة. فقوله سبحانه وتعالى: {إن عبادي ليس لك عليهم سلطان} أي ليس لك ولا لشيء من الأكوان على قلوبهم سلطان لأن سلطان عظمتي في قلوبهم يمنعهم أن يكون على قلوبهم سلطان لشيء دوني.


Bagaimana Pendapatmu tentang kaum yang telah dipilih oleh Alloh untuk menjadi sahabat Rosululloh saw. dan untuk menerima firman-Nya. setiap Mukmin hingga hari kiamat berutang budi pada mereka, jasa-jasa mereka sungguh tak bisa dilupakan. sebab, mereka telah membawakan kepada kita hikmah dan hukum Rosululloh saw. Mereka juga menjelaskan yang halal dan yang haram. mereka memahami yang khusus dan yang umum (dari ajaran Rosululloh saw.). mereka menaklukkan sejumlah daerah dan berbagai negeri, serta berhasil menghancurkan kaum musyrik dan pembangkang. Sungguh tepat gambaran Rosululloh tentang mereka, “Para sahabatku bagaikan bintang-bintang. Teladani siapapun diantara mereka, niscaya kau mendapat petunjuk”.
Pada ayat pertama(al-Fath 29), Alloh menggambarkan sifat-sifat mereka, “Mencari karunia Alloh dan ridho-Nya”. Alloh mengetahui seluruh rahasia mereka, serta keadaan lahir dan batin mereka. Alloh mengabarkan bahwa seluruh upaya dan tingkah laku mereka bukan bertujuan untuk mencari dunia. Mereka hanya mencari ridho Alloh swt. dan karunia-Nya yang luas. Alloh swt. berfirman tentang mereka, “Bersabarlah kamu bersama mereka yang menyeru Tuhan mereka di pagi dan senja hari dengan mengharap ridho-Nya”. Alloh memberitahukan bahwa mereka hanya menginginkan-Nya, tidak menginginkan selain-Nya. pada ayat lain Alloh berfirman, “Mereka telah bertasbih kepada Alloh dimasjid-masjid, tempat yang diperintahkankan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya dipagi dan sore hari,  perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka dari mengingat Alloh”. Ayat ini mengisyaratkan bahwa Dia telah menyiapkan jiwa mereka dan menyempurnakan cahaya mereka. karena itu, dunia tidak menarik hati mereka dan tidak mengeruhkan iman mereka. Bagaimana mungkin dunia akan merampas hati yang sudah di isi dengan kecintaan kepada-Nya. Hati yang telah disinari dengan cahaya Muqorobah. Alloh berfirman, “Engkau tidak memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku”.  Seandainya dunia bisa menarik hati mereka, pastilah syetan juga bisa menguasainya. sebab, tidak mungkin syetan bisa menyentuh hati yang di sinari cahaya zuhud dan bersih dari noda hasrat/keinginan. Firman Alloh, “Engkau tidak memiliki kekuasaan atas hamba-hamba-Ku” berarti kau dan makhluk lainnya tidak mampu menguasai hati mereka. sebab, kuasa keagungan-Ku di dalam hati mereka membuatnya tidak bisa dikuasai oleh selain-Aku.

فأثبت الحق سبحانه وتعالى لهم في هذه الآية: أنهم لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله، ولم ينف عنهم أنهم لا يتجرون ولا يبيعون، بل في الآية ما يدل على جواز البيع والتجارة، من فحوى الخطاب إذا تدبرته، تدبر أولي الألباب. ألم تسمع قوله تعالى: {وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة}. فلو نهاهم عن الغني، لنهاهم عن التسبب المؤدى إليه وهو التجارة والبيع، إلا ترى انه قال: {وإيتاء الزكاة}. فإيجابه الزكاة عليهم دليلا على أن هؤلاء الرجال التي هذه الأوصاف أوصافهم، قد يكون منهم أغنياء ولا يخرجهم عن المدحة غناهم، إذا قاموا فيه بحقوق مولاهم. قال عبد الله بن عتبة كان لعثمان بن عفان رضي الله عنه يوم قتل عند خازنه مائة ألف وخمسون ألف دينار، وألف ألف درهم، وخلف ضياعا بين أريس وخيبر، ووادي القرى، قيمته مائتا ألف دينار.  وبلغ ثمن مال الزبير رضي الله عنه خمسين ألف دينار، وترك ألف فرس وألف مملوك. وخلف عمر بن العاص رضي الله عنه ثلاثمائة ألف دينار. وغنى  عبد الرحمن بن عوف رضي الله عنه، أشهر من أن يذكر.
وكانت الدنيا في أكفهم لا في قلوبهم، صبروا عنها حين فقدت وشكروا الله حين وجدت.

Ayat diatas juga menunjukkan penetapan Alloh swt. bahwa perniagaan dan jual beli tidak melalaikan mereka dari mengingat Alloh. dengan kata lain, Alloh tidak melarang perniagaan dan  jual beli. Ayat itu menunjukkan dibolehkannya jual beli dan perniagaan. Renungkanlah ayat itu seperti yang dilakukan oleh kaum berakal. Bukankah sesudah itu Alloh berfirman, “Mereka mendirikan sholat dan membayarkan zakat”.  itu menunjukkan bahwa mereka boleh kaya, Kalau Alloh melarang mereka untuk kaya, maka Alloh akan melarang menjalani cara untuk kaya yaitu perniagaan dan jual beli. Karena itu Alloh berfirman “Dan membayarkan zakat”.  Jika mereka di wajibkan membayar zakat, itu berarti mereka pun boleh berhartadan kaya, asalkan mereka tetap menunaikan hak-hak Tuhan.
Abdulloh bin Utbah berkata, “Ketika sahabat Ustman bin affan ra. terbunuh,  dia memiliki simpanan 150 ribu dinar, dan 1juta dirham, dan punya ladang antara aris dan khoibar, serta beberapa sumur senilai 200 ribu dinar. sedangkan Zubair ra. mewariskan harta mencapai 500 ribu dinar, seribu ekor kuda, dan seribu orang budak.  Amr bin Ash mewariskan 300 ribu dinar. sedangkan kekayaan Abdurrohman bin ‘Auf ra. itu sangat mashur.
bagi mereka dunia hanya ada di genggaman tangan tidak sampai masuk dalam hati mereka. mereka bersabar ketika kehilangan dunia, dan bersyukur ketika memilikinya. 

وإنما ابتلاهم الحق سبحانه وتعالى بالفاقة في أول أمرهم حتى تكملت أنوارهم، وتطهرت أسرارهم، فبذلها لأنهم لو أعطوها  قبل ذلك، فلعلها كانت آخذة منهم، فإذا أعطوها بعد التمكين والرسوخ في اليقين تصرفوا فيها تصرف الخازن الأمين، وامتثلوا قوله تعالى: {وأنفقوا مما جعلكم مستخلفين فيه}. ومن ها هنا يفهم منعهم عن الجهاد في أول الأمر بقوله تعالى: {فاعفوا واصفحوا حتى يأتي الله بأمره}. لأنه لو أبيح لهم الجهاد في أول الإسلام، فعل الذي هو حديث عهد بالإسلام لو أطلق لهم الجهاد أن يكون انتصاره لنفسه من حيث لا يشعر، حتى كان علي رضي الله عنه، إذا ضرب أمهل، حتى تبرد تلك الضربة، ثم يضرب ذلك خشية أن يضرب عقبها، فيكون في ذلك مشاركة من حظه، وذلك لمعرفته رضي الله عنه دسائس النفوس وكمائنها وعظيم حراستهم لقلوبهم، وتخليص أعمالهم وإشفاقهم أن يكون في عملهم شيء لم يرد به وجه الله تعالى.
Hanya saja, pertama-tama Alloh menguji mereka dengan kefakiran dan kekurangan sampai cahaya mereka menjadi sempurna, dan jiwa mereka menjadi bersih. setelah itu, Alloh melimpahkan anugerah dunia kepada mereka. seandainya mereka diberi sebelum itu (sempurnanya cahaya dan bersihnya jiwa mereka), mungkin dunia akan menguasai hati mereka. Namun, karena mereka diberi setelah keyakinan mereka kokoh, mereka bertindak layaknya penjaga harta yang amanah. mereka melaksanakan firman Alloh swt. “Keluarkanlah sebagian harta yang Alloh kuasakan kepadamu”. 
Karena itu kita bisa memahami mengapa Alloh swt. melarang jihad di awal-awal perkembangan islam. sesuai Firman Alloh swt. “Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka sehingga Alloh mendatangkan perintah-Nya”.  sebab, seandainya mereka diizinkan berjihad diawal perkembangan islam mungkin orang yang baru masuk islam akan berperang untuk mencari keuntungan pribadi ketika ia disuruh berjihad. Karena itu pula Sayyidina Ali ketika dipukul tidak langsung membalas memukul, tetapi menunggu sampai hilang rasa pukulannya. ia tidak langsung membalas karena takut jika ia memukul hanya karena dipukul. Jika melakukan seperti itu, berarti ia tak berbeda dengan musuhnya. ia menahan diri karena mengenali bisikan jiwanya dan apa yang tersimpan didalamnya.
Para sahabat sangat memperhatikan keadaan hati mereka, mengihlaskan amal mereka, dan takut berbuat bukan karena ridho Alloh swt.

فكانت الدنيا في أيدي الصحابة رضي الله عنهم، لا في قلوبهم ويدل على ذلك خروجهم عنها، وإيثارهم بها وهم الذين قال الحق فيهم: {ويؤثرون على أنفسهم ولو كان بهم خصاصة}.حتى أنهم أهدى لإنسان منهم رأس شاة فقال: (فلان أحق بها مني) ثم قال الآخذ لها كذلك، فما زالوا يتهادونها إلى أن عادت إلى الذي أهداها أولا بعد أن طافت على سبعة أو نحوهم.ويكفيك في ذلك: خروج عمر رضي الله عنه، عن نصف ماله، وخروج أبي بكر الصديق رضي الله عنه، عن ماله كله، وخروج عبد الرحمن بن عوف رضي الله عنه عن سبعمائة بعير موقرة الأحمال، وتجهيز عثمان رضي الله عنه جيش العسرة إلى غير ذلك من حسن أفعالهم، وسني أحوالهم.

Bagi para sahabat Rosululloh saw. dunia hanya ada ditangan mereka, bukan dihati mereka. buktinya, mereka selalu menginfakkannya dan mendahulukan orang lain. Keadan mereka dikatakan oleh Alloh dalam firman-Nya, “Mereka mengutamakan yang lain (kaum muhajirin) atas diri mereka sendiri sekalipun mereka memerlukan”.
misalnya, ketika ada diantara mereka yang diberi kepala kambing, sahabat itu berkata “si fulan lebih layak dari pada aku” dan sahabat yang dimaksud juga mengatakan hal yang serupa. mereka terus mengalihkannya ke orang lain, sampai akhirnya kembali ke sahabat yang pertama setelah beredar diantara sekitar tujuh orang. Bukti lainnya adalah ketika Sayyidina Umar ra. mengeluarkan setengah hartanya, Sayyidina Abu Bakar as-Siddiq ra. mengeluarkan seluruh hartanya, Abdurrohman bin Auf ra. mengeluarkan tujuh ratus onta beserta perlengkapannya. dan Sayyidina Usman ra. membekali seluruh pasukan yang saat itu tengah ditimpa kesulitan, serta berbagai kemuliaan mereka lainnya.
وتضمنت الآية الأخرى وهي قوله سبحانه وتعالى: {رجال صدقوا ما عاهدوا الله عليه، فمنهم من قضى نحبه، ومنهم من ينتظر، وما بدلوا تبديلا}. الأخبار عنهم بسر الصدق الذي لا يطلع عليه أحد إلا الحق سبحانه وتعالى، وذلك ثناء عظيم وفخر جسيم، لأن ظواهر الأفعال قد تلبس فيها الأحوال فيما يرجع إلى علم العباد. فتضمنت الآيات، التزكية لظواهرهم وسرائرهم، وإثبات محامدهم ومفاخرهم،
 فقد تبين من هذا: أن تدبير الدنيا على قسمين:  تدبير الدنيا للدنيا، كما هو حال أهل القطيعة الغافلين.  وتدبير الدنيا للآخرة، كحال الصحابة المكرمين، والسلف الصالحين.  ويدلك على ذلك قول عمر رضي الله عنه: إني لأجهز الجيش وأنا في صلاتي. لأن تدبير عمر رضي الله عنه على المعاينة والمواجهة فهو إذا تدبير لله فلذلك لم يكن قاطعا صلاته ولا منقصا من كمالها.  فإن قلت: قد زعمت أن ليس منهم من يريد الدنيا وأنزل الحق سبحانه وتعالى في شأنهم يوم واحد: {منكم من يريد الدنيا ومنكم من يريد الآخرة}، حتى قال بعض الصحابة رضي الله عنهم:(ما كنا نظن أن أحد منا يريد الدنيا حتى نزل قوله تعالى: {منكم من يريد الدنيا ومنكم من يريد الآخرة}.  فاعلم وفقك الله للفهم عنه، وجعلك من أهل الاستماع منه، أنه يجب على كل مؤمن، أن يظن بالصحابة الظن الجميل، وأن يعتقد فيهم الاعتقاد الفضيل، وأن يلتمس لهم أحسن المخارج في أقوالهم وأفعالهم، وجميع أحوالهم في حياة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وبعد وفاته، لأن الحق سبحانه وتعالى لما زكاهم تزكية مطلقة لم يقيدها بزمن دون زمن، وكذلك تزكية رسول الله عليه الصلاة والسلام لهم بقوله: (أصحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم).
Pada ayat yang lain Alloh berfirman, “Diantara kaum yang beriman ada orang yang menepati janji mereka kepada Alloh. diantara mereka ada yang gugur, adapula yang menunggu. mereka tidak pernah mengubah janjinya”.  Ayat ini memberitakan kejujuran dan kebenaran mereka yang hanya diketahui oleh Alloh swt. itu merupakan pujian yang sangat agung dan suatu kebanggaan, sebab hanya hamba yang melakukan sesuatu disertai keinginan untuk mendapatkan kebutuhan dirinya.  Ayat diatas menegaskan kebersihan lahir dan batin mereka seraya memuji dan menyanjung mereka.
Jadi jelaslah, ada dua macam mengatur dunia, yaitu mengatur dunia untuk dunia sebagaimana yang dilakukan oleh orang yang terputus dan lalai dari Alloh, dan  mengatur dunia untuk akhirat sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat yang mulia dan para salafus sholih.
Dalam hal ini kita memahami ucapan Sayyidina Umar ra. “Aku mempersiapkan pasukan perang ketika sholat”. Pengaturan Sayyidina Umar ra. itu dilakukan ketika ia menyaksikan dan berhadapan dengan Alloh. Pengaturannya adalah untuk Alloh. karena itu ia tetap menyempurnakan sholatnya, tidak memutuskannya.
apabila kau mengatakan, “Anda mengatakan bahwa tidak ada diantara mereka yang menginginkan dunia, lalu bagaimana dengan firman Alloh tentang keadaan mereka ketika perang Uhud, diantara mereka ada yang menginginkan dunia dan ada yang menginginkan akhirat. bahkan ada sahabat yang berkata, ‘Kami tidak mengira ada di antara kami yang menginginkan akhirat sehingga turunnya ayat yang berbunyi “Diantara mereka ada yang menginginkan dunia dan ada yang menginginkan akhirat” . 
Maka ketahuilah, Semoga Alloh memberimu hidayah untuk bisa memahaminya, dan semoga Alloh menjadikanmu orang yang memperhatikannya. sesungguhnya setiap mukmin haruslah berperasangka baik kepada para sahabat, meyakini kemuliaan mereka, serta mencari ucapan dan perbuatan mereka baik ketika masih bersama Rosululloh saw. maupun setelah beliau wafat. sebab, pernyataan Alloh tentang kemuliaan mereka tak dibatasi oleh waktu. begitu juga ketika Rosululloh mengakui kemuliaan mereka dalam sabdanya, “Para sahabatku bagaikan bintang-bintang. teladani siapa pun di antara mereka, niscaya kau mendapat petunjuk”.

وعن هذه الآية جوابان: أحدهما:

منكم من يريد الدنيا للآخرة، كالذين أرادوا الغنيمة ليعاملوا الله  بما يأخذونه منها، بذلا وإيثارا ومنكم من لم يكن ذلك مراده إنما كان مراده تحصيل فضل الجهاد لا غير، فلم يلو على الغنائم، ولم يعط يلتفت إليها. فمنهم الفاضل، ومنهم الأفضل، ومنهم الكامل، ومنهم الأكمل.

الجواب الثاني: أن السيد يقول لعبده ما شاء وعلينا أن نتأدب مع عبده لثبوت نسبته منه، فليس كلما خاطب السيد به عبده ينبغي أن ننسبه للعبد، ولو أن تخاطبه به، إذ للسيد أن يقول لعبده ما شاء تحريضا لعبده، وتنشيطا لهمته وقصده، وعلينا أن نلزم حدود الأدب معه. وإن تصفحت الكتاب العزيز وجدت فيه كثيرا، منها: سورة عبس، حتى قالت عائشة رضي الله عنها:  (لو كان رسول الله عليه الصلاة والسلام، كاتما شيئا من الوحي لكتم هذه السورة).

فقد تقرر من هذا أنه ليس إسقاط التدبير الممدوح: ترك الدخول في أسباب الدنيا، والفكرة في مصالحها ليستعين بذلك على طاعة مولاه والعمل لأخراه، وإنما التدبير المنهي عنه، هو التدبير فيها لها. وعلامة ذلك: أن يعصي الله تعالى من أجلها، وأن يأخذها كيف كان من حلها، أو غير حلها.

Ada dua jawaban untuk pertanyaanmu.
Jawaban Pertama, maksud ayat tersebut adalah, “Diantara kalian ada yang menginginkan dunia untuk akhirat. misalnya, orang yang menginginkan rampasan perang, sebagai bekal untuk mentaati Alloh swt. baik dengan menginfak-kannya atau menyedekahkannya pada orang lain. dan diantara kalian ada yang tidak menginginkannya. artinya, mereka hanya menghendaki keutamaan jihad. karenanya, mereka tidak tertarik untuk mendapatkan rampasan perang.” Jadi diantara mereka ada yang utama, ada yang lebih utama,  ada yang sempurna dan ada yang lebih sempurna.
Jawabab kedua, Seorang Tuan bebas mengatakan apa saja yang dikehendaki kepada budaknya, namun kita harus menjaga etika/adab ketika berbicara kepada budak itu karena melihat kedudukan tuannya. Tidak semua yang dikatakan seorang tuan kepada budaknya bisa dinisbatkan kepada si budak, dan kita tidak layak berbicara kepada si budak dengan pembicaraan si tuan. sebab pembicaraan si tuan kepada budaknya dimaksudkan untuk memotivasi dan membangktkan perhatiannya. sementara kita harus bersikap sopan kepada si budak tersebut.  Jika kau buka Al-Qur’an, kau akan menemukan banyak contoh tentang hal ini. di antaranya, terdapat dalam surat ‘Abasa, sehingga Sayyidah ‘Aisah ra. berkata, “Seandainya Rosululloh saw. (boleh) menyembunyikan wahyu, tentu ia akan menyembunyikan surat ini.
Dari sini jelas, bahwa berhenti mencari dunia dan tidak memerdulikan manfaatnya untuk melakukan ketaatan dan amal ukhrowi bukanlah sikap tidak mengatur (isqotut-tadbir) yang terpuji. 
Sikap ikut mengatur yang dilarang adalah mengatur dunia untuk dunia. Cirinya adalah ketika seseorang berani menentang Alloh dan meraih dunia dengan bermacam cara, baik cara yang halal maupun yang haram.

Related Posts

No comments:

Post a Comment