Friday, May 22, 2015

{At-Tanwir Bab 5d} Catatan Penting.

| Friday, May 22, 2015
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
BAB KE LIMA
BERSERAH DIRI KEPADA ALLOH
تنبيه وإعلام
اعلم إن الحق سبحانه وتعالى بسط إبراهيم عليه السلام بنور الرضا وأعطاه روح الاستسلام، وصان قلبه عن النظر إلى الأنام فما كانت النار عليه بردا وسلاما، إلا لما كان قلبه مفوضا إلى الله استسلاما، فمن الاستسلام كان عليه السلام، وعن تصحيح باطن المقام كان ما ظهر عليه من الإجلال والإعظام.  فافهم من ذلك أيها المؤمن: أن من استسلم إلى الله في واردات الامتحان أعاد الله عليه شوكها ريحانا، وخوفا أمانا.  فإذا قذفك الشيطان في منجنيق الامتحان، فعرضت لك الأكوان قائلة ألك حاجة؟ فقل: أما إليك فلا، وأما إلى الله فبلى.  فان قالت لك: سله؟ فقل: حسبي من سؤالي علمه بحالي. فان الله يعيد عليك نار الدنيا بردا وسلاما، ويعطيك منة وإكراما. لأن الله سبحانه وتعالى  فتح بالأنبياء والرسل سبيل الهدى، فسلك وراءهم المقتدون، والتزم اتباعهم المؤمنون، كما قال سبحانه وتعالى: {قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني}.  وقال في شأن يونس عليه السلام:  {فاستجبنا له ونجيناه من الغم وكذلك ننجي المؤمنين}.   أي كذلك ننجي المؤمنين المتبعين لأنواره الطالبين من الله بالذلة والافتقار، واللابسين شعار المسكنة والانكسار.

Catatan Penting.

Ketahuilah bahwa Alloh swt telah memberikan keluasan pada Hati Nabi Ibrohim dengan cahaya ridho, dan ruh berserah diri. dan menjaga hatinya dari melihat makhluk .sehingga tidak mungkin  api menjadi dingin dan ia selamat kecuali hatinya hanya berserah diri kepada Alloh. Siapa berserah diri kepada Alloh,  maka dia adak diselamatkan. Pahamilah, Hai orang yang beriman : Siapa yang berserah diri kepada Alloh ketika menerima ujian, Alloh akan mengganti kesulitannya dengan kemudahan dan rasa takutnya dengan keselamatan.
Apabila syetan melemparkanmu kejurang ujian, lalu manusia menawarkan bantuan kepadamu, “Adakah yang kau butuhkan?, Jawablah, kepadamu, aku tidak butuh, aku hanya butuh kepada Alloh. jika mereka berkata padamu, ‘Mintalah kepada-Nya. jawablah, Cukuplah bagiku bahwa dia mengetahui keadaanku.” Alloh akan mengganti panasnya dunia dengan kesejukan dan keselamatan. Dia juga akan memberimu dengan karunia dan kemuliaan. Alloh sudah membuka jalan petunjuk melalui para Nabi dan Rosul. Kewajiban generasi setelah mereka adalah mengikuti jalan itu sebagaimana difirmankan Alloh swt, “Katakanlah! Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Alloh dengan argumen yang jelas”.
Firman Alloh tentang keadaan Nabi Yunus as. , “Maka Kami mengabulkan do’anya dan menyelamatkannya dari kesulitan. Demikianlah Kami menyelamatkan orang yang beriman”. Artinya, Kami juga akan menyelamatkan orang yang beriman yang mengikuti jejak cahayanya, yang menuju Alloh dengan rasa hina dan fakir, serta yang memakai pakaian ketundukan dan kerendahan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment