Friday, May 22, 2015

{At-Tanwir Bab 5c} PENJELASAN TENTANG PANGKAT “AL-KHOLIL” KEPADA PARA MALAIKAT.

| Friday, May 22, 2015

Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.
BAB KE LIMA
BERSERAH DIRI KEPADA ALLOH

إظهار رتبة الخليل عند الملائكة
فائدة جليلة: (اعلم أن الملائكة لما قال لهم الحق سبحانه وتعالى {أني جاعل في الأرض خليفة} يعني آدم وذريته قالوا: {أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك؟ قال أني اعلم ما لا تعلمون}.  فكان عدم استغاثة إبراهيم عليه السلام بجبرائيل عليه السلام في ذلك الموطن احتجاجا من الله عليهم، كأنه يقول: كيف رأيتهم عبدي هذا يا من قال {أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء} فظهر بذلك قوله سبحانه وتعالى {أني اعلم ما لا تعلمون}.     جاء في الحديث عنه صلى الله عليه وسلم قال: يتعاقبون فيكم ملائكة بالليل وملائكة بالنهار، فيصعد الذين باتوا فيكم فيسألهم ربهم وهو أعلم، كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: أتيناهم وهم يصلون وتركناهم وهم يصلون.
قال الشيخ أبو الحسن رضي الله عنه: كأن الحق سبحانه وتعالى يقول لهم: يا من قال{أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء} كيف تركتم عبادي؟   فكان مراد الحق سبحانه وتعالى (بإرسال جبرائيل عليه السلام إظهار رتبة الخليل عند ملائكته، وتبيينا لشرف قدره، وفخامة أمره، وكيف يمكن إبراهيم عليه السلام أن يستغيث بشيء دونه وهو لا يرى إلا إياه، ولا يشهد بسواه. وإنما سمي الخليل خليلا، لأنه تخلل سره بمحبة الله وعظمته وأحديته، فلم يبق فيه متسع لغيره كما قيل:
قد تخللت مسلك للروح مني *** وبذا سمي الخليل خليلا
فإذا ما نطقت كنت كلامي *** وإذا ما صمت كنت الغليلا
PENJELASAN TENTANG PANGKAT “AL-KHOLIL” KEPADA PARA MALAIKAT.

Ketahuilah, ketika para malaikat mendengar firman Alloh swt. : "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (Yakni, Adam dan anak turunnya). mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Dengan adanya Nabi ibrohim tidak meminta tolong kepada Jibril pada waktu itu, itu sebagai bantahan Alloh kepada para Malaikat, seakan-akan Alloh berfirman, “bagaimana kamu tahu tentang hambaku ini, Hai yang mengatakan, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah’.  Maka Alloh menjelaskan dengan firman-Nya,Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Dalam sebuah Hadits Rosululloh saw. Bersabda, “kamu semua selalu didampingi/dijaga Malaikat baik malam atau siang, maka ketika malaikat malam yang bersamamu waktunya naik, mereka ditanya Tuhannya, “Bagaimana keadaan hambaku waktu kau tinggal?”. Jawabnya, “ Ketika kami datang dia sedang sholat, dan ketika kami tinggal ia pun sedang sholat.”
Syeikh Abu al-Hasan ra. berkata, Seakan-akan Alloh mengatakan pada malaikat, Hai malaikat yang mengatakan, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah’.“Bagaimana keadaan hambaku waktu kau tinggal?”. sesungguhnya maksudnya Alloh mengutus Jibril as. itu untuk menjelaskan derajat Al-Kholil kepada para malaikat. dan membuktikan kemuliaan derajatnya (Ibrohim).  bagaimana mungkin Nabi Ibrohim as. meminta pertolongan kepada sesuatu selain Alloh, sedang ia tidak melihat kecuali pada-Nya, dan tidak menyaksikan selain-Nya. dan sebabnya Nabi Ibrohim Di sebut Kekasih-Nya(kholil) karena dia selalu memenuhi hatinya dengan cinta-Nya,  keAgungan-Nya, dan ke-Maha esa-an-Nya. sehingga dalam hatinya tidak ada sesuatu selain-Nya.   seperti kata syair, :
Sungguh telah aku penuhi perjalanan ruh dariku,** dan sebab itu Al-Kholil(Ibrohim) disebut Kekasih.
maka ketika aku berbicara maka kamu bersama ucapanku** dan ketika aku diam maka kamu akan sangat kehausan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment