Tuesday, January 5, 2016

(BAB 5 c) Penjelasan Pangkat “Al-Kholil” kepada para Malaikat.

| Tuesday, January 5, 2016
Terjemah Kitab At-Tanwir fi-Isqothi at-Tadbir
Syeikh Ibn ‘Atho’illah as-Sakandary ra.


BAB LIMA

إظهار رتبة الخليل عند الملائكة
فائدة جليلة: (اعلم أن الملائكة لما قال لهم الحق سبحانه وتعالى {أني جاعل في الأرض خليفة} يعني آدم وذريته قالوا: {أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك؟ قال أني اعلم ما لا تعلمون}.  فكان عدم استغاثة إبراهيم عليه السلام بجبرائيل عليه السلام في ذلك الموطن احتجاجا من الله عليهم، كأنه يقول: كيف رأيتهم عبدي هذا يا من قال {أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء} فظهر بذلك قوله سبحانه وتعالى {أني اعلم ما لا تعلمون}.     جاء في الحديث عنه صلى الله عليه وسلم قال: يتعاقبون فيكم ملائكة بالليل وملائكة بالنهار، فيصعد الذين باتوا فيكم فيسألهم ربهم وهو أعلم، كيف تركتم عبادي؟ فيقولون: أتيناهم وهم يصلون وتركناهم وهم يصلون.
قال الشيخ أبو الحسن رضي الله عنه: كأن الحق سبحانه وتعالى يقول لهم: يا من قال{أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء} كيف تركتم عبادي؟   فكان مراد الحق سبحانه وتعالى (بإرسال جبرائيل عليه السلام إظهار رتبة الخليل عند ملائكته، وتبيينا لشرف قدره، وفخامة أمره، وكيف يمكن إبراهيم عليه السلام أن يستغيث بشيء دونه وهو لا يرى إلا إياه، ولا يشهد بسواه. وإنما سمي الخليل خليلا، لأنه تخلل سره بمحبة الله وعظمته وأحديته، فلم يبق فيه متسع لغيره كما قيل:
قد تخللت مسلك للروح مني *** وبذا سمي الخليل خليلا
فإذا ما نطقت كنت كلامي *** وإذا ما صمت كنت الغليلا

Penjelasan Pangkat “Al-Kholil” kepada para Malaikat.
Ketahuilah, ketika para malaikat mendengar firman Alloh swt. : "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (Yakni, Adam dan anak turunnya). mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Dengan adanya Nabi ibrohim tidak meminta tolong kepada Jibril pada waktu itu, itu sebagai bantahan Alloh kepada para Malaikat, seakan-akan Alloh berfirman, “bagaimana kamu tahu tentang hambaku ini, Hai yang mengatakan, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah’.  Maka Alloh menjelaskan dengan firman-Nya,Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Dalam sebuah Hadits Rosululloh saw. Bersabda, “kamu semua selalu didampingi/dijaga Malaikat baik malam atau siang, maka ketika malaikat malam yang bersamamu waktunya naik, mereka ditanya Tuhannya, “Bagaimana keadaan hambaku waktu kau tinggal?”. Jawabnya, “ Ketika kami datang dia sedang sholat, dan ketika kami tinggal ia pun sedang sholat.”
Syeikh Abu al-Hasan ra. berkata, Seakan-akan Alloh mengatakan pada malaikat, Hai malaikat yang mengatakan, ‘Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah’. “Bagaimana keadaan hambaku waktu kau tinggal?”. sesungguhnya maksudnya Alloh mengutus Jibril as. itu untuk menjelaskan derajat Al-Kholil kepada para malaikat. dan membuktikan kemuliaan derajatnya (Ibrohim).  bagaimana mungkin Nabi Ibrohim as. meminta pertolongan kepada sesuatu selain Alloh, sedang ia tidak melihat kecuali pada-Nya, dan tidak menyaksikan selain-Nya. dan sebabnya Nabi Ibrohim Di sebut Kekasih-Nya(kholil) karena dia selalu memenuhi hatinya dengan cinta-Nya,  keAgungan-Nya, dan ke-Maha esa-an-Nya. sehingga dalam hatinya tidak ada sesuatu selain-Nya.   seperti kata syair, :
Sungguh telah aku penuhi perjalanan ruh dariku,** dan sebab itu Al-Kholil(Ibrohim) disebut Kekasih.
maka ketika aku berbicara maka kamu bersama ucapanku** dan ketika aku diam maka kamu akan sangat kehausan.
تنبيه وإعلام
اعلم إن الحق سبحانه وتعالى بسط إبراهيم عليه السلام بنور الرضا وأعطاه روح الاستسلام، وصان قلبه عن النظر إلى الأنام فما كانت النار عليه بردا وسلاما، إلا لما كان قلبه مفوضا إلى الله استسلاما، فمن الاستسلام كان عليه السلام، وعن تصحيح باطن المقام كان ما ظهر عليه من الإجلال والإعظام.  فافهم من ذلك أيها المؤمن: أن من استسلم إلى الله في واردات الامتحان أعاد الله عليه شوكها ريحانا، وخوفا أمانا.  فإذا قذفك الشيطان في منجنيق الامتحان، فعرضت لك الأكوان قائلة ألك حاجة؟ فقل: أما إليك فلا، وأما إلى الله فبلى.  فان قالت لك: سله؟ فقل: حسبي من سؤالي علمه بحالي. فان الله يعيد عليك نار الدنيا بردا وسلاما، ويعطيك منة وإكراما. لأن الله سبحانه وتعالى  فتح بالأنبياء والرسل سبيل الهدى، فسلك وراءهم المقتدون، والتزم اتباعهم المؤمنون، كما قال سبحانه وتعالى: {قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني}.  وقال في شأن يونس عليه السلام:  {فاستجبنا له ونجيناه من الغم وكذلك ننجي المؤمنين}.   أي كذلك ننجي المؤمنين المتبعين لأنواره الطالبين من الله بالذلة والافتقار، واللابسين شعار المسكنة والانكسار.
Catatan Penting.
Ketahuilah bahwa Alloh swt telah memberikan keluasan pada Hati Nabi Ibrohim dengan cahaya ridho, dan ruh berserah diri. dan menjaga hatinya dari melihat makhluk .sehingga tidak mungkin  api menjadi dingin dan ia selamat kecuali hatinya hanya berserah diri kepada Alloh. Siapa berserah diri kepada Alloh,  maka dia adak diselamatkan. Pahamilah, Hai orang yang beriman : Siapa yang berserah diri kepada Alloh ketika menerima ujian, Alloh akan mengganti kesulitannya dengan kemudahan dan rasa takutnya dengan keselamatan.
Apabila syetan melemparkanmu kejurang ujian, lalu manusia menawarkan bantuan kepadamu, “Adakah yang kau butuhkan?, Jawablah, kepadamu, aku tidak butuh, aku hanya butuh kepada Alloh. jika mereka berkata padamu, ‘Mintalah kepada-Nya. jawablah, Cukuplah bagiku bahwa dia mengetahui keadaanku.” Alloh akan mengganti panasnya dunia dengan kesejukan dan keselamatan. Dia juga akan memberimu dengan karunia dan kemuliaan. Alloh sudah membuka jalan petunjuk melalui para Nabi dan Rosul. Kewajiban generasi setelah mereka adalah mengikuti jalan itu sebagaimana difirmankan Alloh swt, “Katakanlah! Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Alloh dengan argumen yang jelas”.
Firman Alloh tentang keadaan Nabi Yunus as. , “Maka Kami mengabulkan do’anya dan menyelamatkannya dari kesulitan. Demikianlah Kami menyelamatkan orang yang beriman”. Artinya, Kami juga akan menyelamatkan orang yang beriman yang mengikuti jejak cahayanya, yang menuju Alloh dengan rasa hina dan fakir, serta yang memakai pakaian ketundukan dan kerendahan.

Related Posts

No comments:

Post a Comment